Senin, 04 Juni 2012

Rectangular light for cove ceiling in vray sketchup 1.49


Tips: Rectangular light for cove ceiling in vray sketchup 1.49
Tips: Menggunakan Rectangular light pada cove ceiling di vray sketchup 1.49

ENGLISH:

Please refer to the picture and read the following numbers
1. in this case, we make cove ceiling rectangularly, means, 4 internal side. Put 1 vray rectangular light in 1 side, make it a component, then copy and paste to another 3 parts of cove ceiling. so, totally there is 4 number lights but its all is a component. Why component? because this will make you easier to edit the parameter of these light. You edit 1 light, the rest will follow.

2. right click on one of component light you've created, choose menu "Vray-for-sketcup -> Edit Light", there is a dialog, change the color of the light.

3. the default value is 1, this is a value for intensity of your light. This value depend on your scene, higher value will produce brighter scene. So, feel free to try some values. This scene i use 50 and its enough for me.

4. "Invisible" means the light will only showing its shine. Don't check this if you want to show the shape of your light. But, in this case, i prefer to set to invisible. No one will look trough the inside of your cove ceiling right?

5. subdiv, this is the softness of the light shadows, default is 8, the more value will produce the shadow more smooth but will increase your render time. So, a value 12 to 32 is enough. I am not recommended you to set more than 32, based on my experience.

6. render, and you can see the result. Trial and error will needed to get the better or the best you are satisfiying.

-----------------------------------------------------------------------------
INDONESIA:

Silahkan lihat pada gambar dan ikuti langkah sesuai dengan penomeran yang tertera.
1. Pada kasus ini, cove light yang kita bikin adalah berbentuk segi empat, mengingat banyak cove light yang non segi empat. Cove ini ada 4 sisi (lubang/celah). Buat 1 vray rectangular light, letakkan di salah satu sisi, lalu group menjadi sebuah component. Lalu, copy dan paste component ini ke sisi yang lain, sehingga total ada 4 component. Mengapa component? karena bila kita menggunakan component, maka saat kita edit 1 light, maka yang lain akan secara otomatis terupdate, sehingga kerja kita jadi lebih cepat.

2. Masuk ke component itu, klik kanan dan pilih menu "Vray-for-sketcup -> Edit Light", maka akan muncul dialog parameter, ubah warna sesuai yang diinginkan.

3. Value default adalah 1. Value ini merupakan tingkat intensitas cahaya lampu, semakin tinggi nilainya, maka lampu berpendar semakin terang. Value ini tidak mutlak nilainya, sehingga nilai nya tergantung pada kondisi scene anda. Cobalah masukkan mulai dari 10, 20, dst sampai anda temukan nilai yang pas.

4. "Invisible" bila dicentang, maka light tersebut hanya memendarkan cahaya tanpa terlihat bentuk rectangular nya. Untuk kasus tertentu, kadang anda ingin memperlihatkan bentuk shape light nya, tapi untuk kasus cove light ini, saya rasa tidak perlu, jadi saya centang invisible nya.

5. subdiv, adalah tingkat kehalusan shadow/bayangan, makin tinggi nilai, maka makin halus shadow anda tapi akan menyebabkan render time jadi membengkak. Berhati2lah jangan sampai gara-gara subdiv ini, scene anda jadi tidak bisa ter-render. Nilai kisaran 12 sampai 32 saya rasa udah cukup, lebih dari 32 bukan berarti perfect. Atur sesuai yang anda kira itu adalah terbaik.

6. klik render, dan akan terlihat hasil seperti yang ada pada gambar. Tidak mutlak sama, tapi kira2 seperti inilai proses saya membuat cove light pada vray sketchup.



Sumber om Ferry Sugianto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar